Metode yang tepat untuk belajar Bahasa Inggris bagi anak kecil

Penulis : Nawarotu Dohiyah, M.Pd

Perkembangan dunia yang semakin global membuat penguasaan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi internasional semakin tak bisa dipungkiri. Apakah anak-anak perlu belajar Bahasa Inggris sejak kecil? Jawabannya tidak hanya berhenti pada kata ‘Ya’, tapi juga harus menjawab ‘bagaimana’.

Belajar Bahasa Inggris pada sejak dini bukan hanya tentang mengenalkan kosakata baru, tetapi juga melibatkan hal lain seperti keterampilan komunikasi yang dimulai dengan hal sederhana, kepercayaan diri serta kreativitas. Tapi, bagaimanakah cara yang tepat dalam mengajarkan Bahasa Inggris pada anak kecil? Artikel ini akan membahas metode-metode yang dapat dilakukan untuk membantu anak berkembang secara optimal dalam belajar Bahasa Inggris, yaitu:

  • Metode belajar yang menyenangkan atau “fun learning”
  • Metode belajar menggunakan lagu dan music
  • Metode belajar dengan media visual dan interakif
  • Metode belajar dengan role-playing
  • Peran pembiasaan, rutinitas dan konsistensi
  • Peran lingkungan belajar atau learning atmosphere 

Menurut berbagai hasil penelitian, dijelaskan bahwa pembelajaran Bahasa Inggris dapat lebih efektif jika dilakukan dengan metode atau pendekatan belajar yang menyenangkan atau “fun learning”. Anak-anak usia dini belajar lebih baik melalui pengalaman konkret dan bermain. Mengapa belajar melalui permainan dan “fun learning” membuat anak cenderung belajar dengan lebih baik? Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas yang menyenangkan membuat anak-anak terlibat secara emosional dan kognitif yang secara tidak langsung akan menjadikan proses belajar lebih baik sehingga tujuan pembelajaran pun dapat tercapai. Permainan seperti flashcard game, board game, atau jenis permainan lain yang melibatkan aktivitas kinestetik secara tidak langsung meningkatkan kepercayaan diri serta kreativitas yang secara berkelanjutan akan meningkatkan kemampuan anak dalam belajar Bahasa Inggris.

Beberapa hasil penelitian juga menunjukkan bahwa metode belajar menggunakan lagu dan music dapat membantu meningkatkan daya ingat serta membuat perasaan menyenangkan pada anak-anak. Lagu dan music merupakan sarana yang sangat efektif bagi anak-anak usia dini dalam proses pemerolehan dan pembelajaran Bahasa inggris. Anak-anak mampu untuk memperoleh kosakata, meningkatkan kemampuan pelafalan, serta memperkuat kemampuan mendengarkan atau “listening” melalui pengulangan dan ritme lagu atau music. Lagu dan music membuat anak-anak terlibat dalam proses pembelajaran tanpa merasa terpaksa. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa lagu dan music membantu dalam proses menghafal selain membantu meningkatkan motivasi dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris.

Penggunaan media visual dan interaktif juga merupakan salah satu pendekatan belajar yang efektif. Mengapa? Anak-anak kecil sangat responsive terhadap gambar, warna serta video. Semua media ini membantu anak dalam memahami konsep dalam belajar Bahasa inggris. Pembelajaran menggunakan media visual dan interaktif juga relevan dengan kondisi saat ini dimana anak-anak sudah terbiasa dengan penggunaan teknologi dan aplikasi digital. Contoh penerapan metode ini adalah dengan menggunakan “learning tools” yang dapat berupa kuis atau “interactive worksheet” seperti Baambozle, wordwall, liveworksheet dalam berbagai kegiatan pembelajaran

Metode belajar yang melibatkan interaksi social serta kegiatan bermain peran (role play) juga dapat meningkatkan keberhasilan anak-anak dalam belajar Bahasa Inggris terutama dalam kemampuan berbicara atau “speaking”. Kegiatan yang bisa dilakukan dalam metode ini yaitu dengan melakukan interaksi dengan teman belajar yang difasilitasi oleh pembimbing di kelas. Contohnya yaitu dengan kegiatan “drilling” pada ungkapan-ungkapan dalam percakapan sederhana. Selain itu, kegiatan bermain peran (role play) juga dapat melatih anak-anak untuk menggunakan ungkapan-ungkapan Bahasa Inggris yang mereka pelajari dengan cara yang menyenangkan.

Selain metode serta pendekatan yang telah disebutkan, rutinitas serta konsistensi juga memegang peranan penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris bagi anak-anak usia dini. Anak kecil belajar lebih baik ketika ada pengulangan dan rutinitas. Pembiasaan membantu anak-anak memahami konteks penggunaan bahasa. Contohnya, penyisipan kosakata yang telah dipelajari secara berulang pada kegiatan ‘review’ membantu anak-anak mengingat dan menghafal. Pembiasaan penggunaan “classroom language” seperti dalam meminta izin ke toilet, izin minum atau meminjam alat tulis juga membantu anak-anak memahami Bahasa Inggris.

Lingkungan belajar yang mendukung juga merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam keberhasilan anak-anak dalam belajar Bahasa Inggris.  Dengan memberikan lingkungan yang nyaman, lingkungan yang kaya akan stimulasi, interaksi yang berharga, dan perhatian yang penuh kasih, anak-anak dapat berkembang dan belajar Bahasa Inggris dengan lebih baik.

Sebagai penutup, berbagai pendekatan serta metode belajar hanya akan efektif jika dibarengi dengan adanya fasilitator, guru, yang membantu dalam pengalaman belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan. BILI English sebagai rekan para orangtua dalam pembelajaran Bahasa Inggris bagi anak-anak, mempunyai para guru yang menggunakan metode atau pendekatan-pendekatan yang membantu anak-anak untuk berkembang secara maksimal dalam lingkungan serta pembelajaran yang “fun” karena BILI English berkomitmen untuk selalu menjadikan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai sebuah pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak.

"They may forget what you said but they will never forget how you made them feel." - Carol Buchner

 

#kursusbahasainggrisbogor #kursusbahasainggris #lesbahasainggris

2025-03-20


Alamat

Perum Lotus Jasmine A no. 1A
Jl. Brigjen Saptadji Hadiprawira
Cilendek Barat - Bogor

Opening Hours:

Mon – Friday : 09.00 – 19.00
Saturday : 09.00 – 14.00

Connect with us